Skip to main content

Soal Verifikasi Portofolio FSRD ITB 2016/2017

Halo! Bagi kalian yang sedang berburu info seputar ujian keterampilan FSRD ITB atau DKV ITS, dan prodi-prodi desain lainnya, mungkin beberapa soal ini bisa membantu kalian dalam mendapatkan gambaran, atau setidaknya mendapatkan inspirasi tentang ujian keterampilan itu sendiri, terutama untuk "Gambar Suasana".

Nah, soal ujian keterampilan ITB itu sedari dulu sudah dikenal unik. Dan, ternyata benar! Ini adalah soal tes gambar untuk verifikasi portofolio yang diselenggakan sesaat setelah verifikasi data akademik siswa yang diselenggarakan pada akhir Mei lalu (31 Mei 2016). Untuk verifikasi portofolio, peserta hanya perlu menggambar "Gambar Suasana" karena portofolio SNMPTN tahun 2016 hanya terdiri atas 2 portofolio wajib yang keduanya merupakan gambar suasana dengan tema-tema pilihan yang telah ditentukan. 

Semoga membantu! ' v ' ) 

 FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN
INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Verifikasi Portofolio
Waktu: 90 menit
 
SOAL
Pilihlah salah satu dari 2 (dua) soal yang tersedia di bawah ini:

1) Bayangkan Anda sebagai seekor semut yang sedang merayap di lantai sebuah tempat makanan serba ada (food court) yang penuh pengunjung. Di sekeliling Anda terlihat beragam warung yang menjual makanan atau minunam, ada warung mie bakso dan siomay, warung es krim dan minuman dingin, warung aneka jus buah-buahan, warung rujak dan gado-gado, warung sate dan soto, serta warung aneka nasi goreng. Beberapa pengunjung sedang melihat-lihat berbagai warung dan pilihan makanan/minuman yang ditawarkan, sebagian sedang memesan makan/minum dibantu pelayan yang menuliskan pesanannya, sebagian sedang asyik menikmati pesanan makanan/minuman, dan sebagian lainnya terlihat mengantri di kasir untuk membayar makanan/minuman pesanan mereka. Gambarkan kondisi tersebut!

2) Bayangkan bahwa Anda seekor nyamuk yang sedang terbang di dalam sebuah aula pesta pernikahan yang sedang dipenuhi undangan. Di sekeliling Anda terlihat beragam perlengkapan pesta yang umumnya digunakan, ada meja dan kursi tempat penerima tamu, kursi pengantin, kursi tamu, meja tempat makanan, aneka kios makanan (foodstall), serta panggung tempat pemusik memainkan peralatannya. Beberapa undangan sedang antri menunggu giliran menyalami pengantin, sebagian sedang berkeliling di beberapa kios makanan, sebagian sedang menikmati makanan/minuman sambil duduk di kursi yang disediakan, serta sebagian lainnya sedang bergegas meninggalkan ruangan aula. Gambarkan kondisi tersebut!



Comments

  1. Min tes my itu seluruh univ ad ya min? D uns jga d tes kyk gitu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Zakina! Hmm, sepertinya seluruh jurusan seni dan desain di perguruan tinggi melakukan tes seperti itu :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mentransfer Data antara 2 Komputer dengan Menggunakan Kabel LAN

Ada beberapa cara untuk mentransfer data dari komputer satu ke komputer yang lain. Hal yang paling sering kita lakukan adalah mentransfernya menggunakan usb flash drive. Solusi murah yang praktis. Namun bagaimana bila data yang kita transfer itu sangat besar. 40 GB atau pun lebih. Anda yang membeli komputer baru dan ingin mentransfer file2 berharganya dari komputer yang lama akan membutuhkan cara yang lebih praktis dari transfer menggunakan usb flash drive. Caranya adalah menggunakan kabel LAN.

CANGKRIMAN

Cangkriman yaiku unen-unen kang rinacik ing tembung kang tumata, surasa utawa isine ngemu teges kang dudu dibadhe ( ditebak ). Cangkriman uga kasebut ‘badhean’ utawa ‘bedhekan’. Racikaning cangkriman ana kang dhapur ukara lumrah, ana kang sinawung ing tembang. Wujud lan dhapukaning cangkriman kabedakake: 1.        Cangkriman kang awujud wancahan Tuladhane: a.        Wiwawite lesbadhonge ( uwi dawa wite, tales amba godhonge ) b.       Pak bomba, pak lawa, pak piut ( tapak kebo amba, tapak ula dawa, tapak sapi ciyut ) c.        Pak boletus ( tapak kebo isi lele satus) d.       Nituk lersure ( nini ngantuk diseler susure ) e.        Kicak tekan ( kaki macak iket-iketan ) f.        Yu mahe rong ( yuyu omahe ngerong ) g.       Burnas kopen ( bubur panas kokopen ) h.       Surles penen ( susur teles pepenen ) i.         Karla ndheren ( mbakar tela sumendhe keren ) j.         Rang sinyu, muksitu ( jurang isi banyu, gumuk isi watu ) 2.        Cangkriman kang awuju

Unsur-Unsur Layar Microsoft Excel 2007

Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007 1. Judul Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif. 2. Office Button Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen. 3. Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar) Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya Toolbar 4. Toolbar Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program. 5. Help Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud. 6. Lembar Kerja (Workbook) Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali. 7.Cell